Pengertian Virus, Worm, dan Trojan

1. Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer
virus adalah kumpulan coding dari bahasa pemrograman yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan mengacaukan kinerja sistem komputer. virus memiliki kemampuan merusak kinerja sistem komputer, misalkan virus brontox yang membuat OS merestart secara terus-menerus. jika hal ini dibiarkan maka hardisk pada komputer tersebut akan mengalami kerusakan (mengalami bad sector_).

2. Arti Definisi / Pengertian Varian Virus Worm, Trojan Dan Spyware
a. Worm
worm adalah kumpulan coding dari bahasa pemrograman yang memiliki tujuan untuk memperlambat kerja komputer. konsep kerja dari worm, pertama ia mencari celah untuk masuk ke dalam suatu komputer yang belum terinfeksi oleh worm. hal ini bisa dilakukan dengan menyisipkan coding worm pada suatu file yang menarik user untuk mendownload file tersebut. setelah worm berhasil masuk maka ia akan memperbanyak dirinya pada setiap folder atau directory pada hardisk, sehingga kapasitas hardisk menjadi penuh. bila hardisk sudah penuh maka dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lebih lambat.

b. Trojan
trojan adalah kumpulan coding dari bahasa pemrograman yang memiliki tujuan untuk mengendalikan komputer oranglain dari jaringan atau internet.

c. Spyware
spyware adalah kumpulan coding atau program yang dibuat untuk membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

ciri-ciri komputer yang terserang virus :
- Komputer berjalan lambat dari normal
- Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
- Perubahan tampilan pada komputer
- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
- Suka muncul pesan atau tulisan aneh
- Komputer hang atau berhenti merespon kita.
- Harddisk tidak bisa diakses
- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
-Hardware yang terpasang pada komputer berfungsi secara otomatis tanpa di perintahkan oleh user. misalkan CD ROM keluar dengan sendirinya.

0 komentar: